Cara Upgrade Mariadb 5.5 to Mariadb 10.2 on Centos 7 VestaCP

Posted on

Halo sobat bsierad.com lama tak jumpa ya  hehe. Karena terlalu repot di dunia nyata sampai belum sempet posting hasil oprekan. Oke kali ini kembali membahas oprek panel untuk linux centos 7 yaitu vestaCP. Saya paling suka dengan panel ini (untuk edisi gtarisan  yah) karena apa fiturnya lengkap, mudah digunakan, fungsi email jalan ini salah satunya yang saya suka. Oke kembali ke pembahasan. Saat pertama instalasi VestaCP sobat akan mendapatkan engine database maria db versi 5.5 jika menggunakan centos 7 loh ya. Nah disini perlu dilakukan upgrade ke versi Mariadb 10.2 agar yang sebelumnya pakai panel Cpanel bisa melakukan import database ke Vestacp ini.  Langsung saja ya berikut Cara Upgrade Mariadb 5.5 to Mariadb 10.2 on Centos 7 VestaCP

Baca Juga :  Cara install Ion Cube di Centos 6.9 Vestacp

Cara Upgrade Mariadb 5.5 to Mariadb 10.2 on Centos 7 VestaCP

Langkah 1

Sebelum menginstal disarankan untuk membuat cadangan data base sobat, untuk antisipasi saja tidak ada salahnya. Sekarang kita perlu menghapus versi saat ini dari mariadb 5.5 yang diinstal pada centos 7:

pada langkah ini mariadb 5.5 akan dihapus sepenuhnya tetapi database tidak dihapus jadi tidak perlu khawatir. Sekarang kita akan menuju instalasi Mariadb 10.2:

Langkah 2

Install/enable Official repo  mariadb 10.2 :


kemudian edit/create file :

kemudian copy paste dan save berikut ini

Selanjutnya lakukan instalasi Mariadb nya

Setelah instalasi selesai enable mariadb untuk start on boot dan start service :

Langkah 3

Pada tahap akhir ini lakukan upgrade data basenya dengan perintah


Cara Upgrade Mariadb 5.5 to Mariadb 10.2 on Centos 7 VestaCP

Oke cukup ya selamat mencoba.

Gravatar Image
http://bakhtiyar.bsierad.com/

Leave a Reply