Hal yang harus diperhatikan membeli SSD

Posted on

Bsierad.comSOLID STATE DISK atau yang sering di sebut dengan SSD merupakan evolusi dari sebuah hardisk mekanik. SSD ini sudah tidak menggunakan piringan berputar lagi untuk tempat penyimpanan datanya. SSD ini mirip dengan flash disk, tapi bedanya dengan Hardsik mekanik adalah di transfer datanya yang sangat jauh lebih cepat, ringan dan pastinya lebih mahal hehehe.

Lihat juga cara assembly hardisk disini

Berikut ini ada beberapa point  Hal yang harus diperhatikan membeli SSD

IOPS

IOPS adalah kepanjangan dari Input/Output Operations Per Second, dari terjemahannya Anda dan saya mudah sekali untuk menebak apa gunanya. IOPS adalah indikator kecepataN SSD dalam membaca data secara random yang menggambarkan kondisi penggunaan sehari-hari. Sederhananya, makin tinggi IOPS maka akan semakin baik.

Baca Juga :  Perbedaan antara akun GOOGLE ADSENSE HOSTED dan NON HOSTED

TRIM

Sangat disarankan untuk membeli SSD yang mempunyai dukungan teknologi TRIM, ini adalah teknologi yang diterapkan oleh SSD untuk menjaga performa komponen seiring penggunaan dan usia.

Controller

Teknologi ini memungkinkan SSD bekerja seperti prosesor, dimana controller berfungsi untuk mengatur aktivitas membaca, menulis, menghapus sampah dan lain-lain. Namun hampir semua SSD mempunya controller, hanya saja kemampuannya akan berbeda.

SLC, MLC dan TLC

Untuk SSD yang dijual ke pengguna umum biasanya menggunakan SLC atau single level cell dan MLC atau multi level cell. Tipe SLC lebih mahal tapi lebih stabil, MLC unggul di sektor harga tapi kurang stabil dan TCL adalah gabungan keduanya, terjangkau tapi frekuensi errornya lebih minimal dibanding MLC.

Baca Juga :  Cara mudah beli aplikasi android dengan pulsa

Latency

Latency adalah kecepatan dalam IO Task. Berbanding terbalik dengan IOPS, Latency yang memiliki angka yang kecil justru akan membuat SSD semakin cepat.

Troughtput

Sedangkan untuk Troughtput adalah kecepatan transfer maksimum yang dapat dicapai oleh Chip memory ke CPU, Harddisk, SSD Storage hingga LAN Network.

Itulah beberapa point  yang harus diperhatikan sebelum membeli SSD.

Disini saya sudah membuktikan sendiri performanya jauh sangat jauh berbeda sekali ketika menggunakan HDD mekanik dengan SSD. Yang pastinya jauh lebih cepat saat proses Read dan Write. Berikut ini hasil perbedaan yang saya dapat dari Hardisk dan SSD yang saya gunakan

Hasil test bsierad

Berikut ini adalah hasil test open corel dan photoshop dengan SSD

Baca Juga :  Cara install WGET di Centos - How to install wget command on CentOS

Semoga informasi Hal yang harus diperhatikan membeli SSD dapat menambah wawasan.

Jika ada tambahan langsung saja comment yaaa

Gravatar Image

http://bakhtiyar.bsierad.com/

Leave a Reply