IPS LCD adalah

Posted on

Smartphone saat ini sudah banyak menggunakan jenis layar touch screen. banyak jenis dan banyak ukuran yang digunakan untuk memikat para konsumen. Salah satu dari layar yang digunakan di smartphone adalah IPS LCD. IPS LCD saat ini sudah mulai dipergunakan di smartphone salah satunya ASUS Zenfone. Bagi teman-teman yang masih penasaran apa IPS LCD, berikut ada sedikit ulasan mengenai IPS LCD
IPS LCD adalah
IPS LCD adalah In Plane Switching yang merupakan jenis teknologi display tipis dengan kualitas sudut pandang yang lebih baik dari TFT-LCD. IPS LCD menggunakan 2 transistor untuk masing-masing pixel-nya, dimana TFT LCd hanya menggunakan 1 buah transistor di tiap pixel-nya. IPS LCD ini memerlukan daya yang lebih untuk backlightnya yang membuat akurasi warna yang di hasilkan lebih baik dan sudut pandangnya lebih luas. Biasanya IPS LCD dapat dijumpai di smartphone high-end dan peralatan portable.
Kenapa IPS LCD?
Karena pada TFT-LCD terdapat masalah respons time / waktu respon yang lambat, itu berarti respon sentuhan (touch) terdegradasi dan ini adalah ‘bad news’ bagi para gamers. Pencinta games saat bermain sangat membutuhkan layar dengan time respons yang baik.
 

Sejak kapan ada IPS LCD?

IPS LCD awalnya dikembangnya oleh salah satu perusahaan yang paling terkanal di jepang yaitu Hitachi pada tahun 1996 untuk memecahkan masalah TN-Matriks. Saat ini ips banyak digunakan oleh para produsen LCD. Lalu setiap produsen memberi nama pada layar IPS buatan mereka, seperi Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPs, dan Enchaced IPS.
 
Kekurangan dan kelebihan dari IPS LCD

  • IPS LCD memiliki kelebihan pada hasil gambar fotografi yang sangat bagus. 
  • Namun IPS LCD memiliki kekurangan dengan menghabiskan konsumsi daya yang cukup besar, selain itu kecerahan yang dihasilkan tidak terlalu sempurna.

Selain TFT LCD ada juga jenis LCD yang konon dibuat tandingan IPS LCD. Berikut ini ada informasi dalam bentuk video mengenai IPS-LCD vs Super AMOLED screen comparison


Semoga informasi mengenai IPS LCD ini dapat menambah wawasan teman-teman.

Salam
bsierad

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/IPS_panel

http://www.hargadroid.com/2013/12/perbedaan-amoled-ips-lcd-dan-tft-mana-yang-lebih-bagus.html
http://cellphones.about.com/od/phoneglossary/g/What-Is-An-Ips-Lcd.htm
http://www.youtube.com/watch?v=dA9oTNhSRaw

Gravatar Image

http://bakhtiyar.bsierad.com/

2 thoughts on “IPS LCD adalah

    1. Sepengetahuan saya berbeda teknologinya gan. mungkin info berikut dapat membantu

      TFT (Thin Film Transistor) ialah tipe layar jenis yang menggunakan teknologi LCD yang berwarna terbaru sehingga mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. Layar TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Terdapat kelemahan dari layar LCD jenis TFT ini, yaitu relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar ketimbang AMOLED.

      IPS (In Plane Switching) ialah teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Sehingga saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pengguna masih dapat melihat layar dengan baik. Untuk konsumsi dayanya sendiri karena dia dalam jenis LCD jadi konsumsi daya lebih besar seperti TFT, dan ini menjadi salah satu kelemahannya.

      AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) ialah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic light-emitting diode) yang diklaim menghasilkan tingkat kehitaman lebih gelap, warna lebih cerah dan tampilan layar dapat terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Adapun kekurangan dari AMOLED adalah tertanam pada smartphone yang harganya relative mahal.

Leave a Reply