Perbedaan Antara Baterai Li-Ion dan Li-Polymer

Posted on

Bsierad.com – Baterai merupakan sebuah penyimpan daya listrik portable. Saat ini baterai sering kita jumpai di berbagai peralatan di sekitar kita seperti di HP, Laptop, Remote, Speaker Portable dan lainnya. Dari berbagai baterai dengan kapasitas dan keperluan yang beraneka ragam, secara jenis ada yang di sebut Baterai Li-Ion dan Li-Polymer. 

Jenis Baterai Li-Ion dan Li-Polymer pasti sudah tidak asing lagi bagi teman-teman. Pastinya teman-teman pernah bertanya apa Perbedaan Antara Baterai Li-Ion dan Li-Polymer? … Berikut ini ada beberapa penjelasan untuk Perbedaan Antara Baterai Li-Ion dan Li-Polymer

Perbedaan Antara Baterai Li-Ion dan Li-Polymer

Perbedaan secara umum baterai Li-Po dan Li-Ion adalah terletak pada penghantar arus listrik (Elektrolit) pada kedua jenis baterai itu.  Li-Po singkatan dari Lithium Polymer, bersifat cair (Liquid),  serta menggunakan elektrolit polimer yang sangat padat, dan mampu menghantarkan daya lebih cepat.

Untuk baterai Li-Ion bergerak dari elektroda negatif ke elektroda positif saat dilepaskan, dan akan kembali saat diisi ulang. Baterai jenis Li-ion ini memakai senyawa litium interkalasi sebagai bahan elektrodanya, berbeda dengan litium metalik yang dipakai di baterai litium non-isi ulang. Baterai Li-Ion adalah baterai yang populer saat ini karena banyak digunakan oleh gadget portable, dan perangkat elektronik dengan baterai isi ulang lainnya.

Perbedaan lainnya  pada 2 jenis beterai ini adalah Lithium Ion removable/bisa di lepas dan Lithium Polymer Non-removable/tidak, misalnya ingin melepas untuk mengganti baterai baru harus di bawa ke teknisi HP.

Baca Juga :  Cara Cek performa dan kecepatan website dengan Check Host dan GT-Metrix

Li-Ion ( Lithium Ion)

Baterai Li-Ion,  type ini tidak lagi memiliki memory effect. Jadi anda bisa mengisi ulang tanpa menunggu baterai habis. Baterai Li-Ion memiliki “life cycle” (siklus hidup) yang lebih pendek. Bahkan apabila dicharges berlebihan baterai lithium ion akan menurun kemampuannya dibanding NiCD atau NiMH.

Lithium-ion adalah salah satu jenis yang paling populer, dengan salah satu yang terbaik energy-to-weight ratios , tidak ada efek memori , dan lambat dalam penurunan daya jika tidak digunakan. Selain digunakan untuk peralatan elektronik, baterai lithium-ion yang semakin meningkat popularitasnya juga dipergunakan untuk pertahanan, otomotif, dan aplikasi ruang angkasa karena kepadatan energi yang tinggi. Namun, beberapa jenis perlakuan dapat menyebabkan baterai lithium-ion konvensional dapat meledak .

Komposisi dan Konstruksi Li-Ion ( Lithium Ion)

Baterai lithium-ion telah muncul cukup lama dan menjadi jenis baterai pertama yang dipilih untuk smartphone.

Baterai ini menggunakan elektroda positif (kobalt lithium oksida, lithium besi fosfat, atau lithium mangan oksida), elektroda negatif (biasanya grafit), dan elektrolit (etilen karbonat, dietil karbonat).

Elektrolit tersebut disimpan dalam pelarut organik diantara elektroda. Seluruh baterai terikat erat oleh bungkus (casing) logam.

Rangkaian perlindungan juga ditambahkan untuk mengatur level tegangan dan arus dalam batas aman.

Kelebihan Baterai Li-ion

  • Harga murah dan mudah di dapatkan di toko accesories gadget
  • perawatan mudah
  • Bisa di lepas dengan mudah tanpa alat atau ahli khusus
  • siklus pengisian cukup banyak. arti nya bisa di pakai dan di isi berulang – ulang kali, umum nya hingga 1000 kali charge.
Baca Juga :  The Official UK Top 40 Singles Chart 19 April 2015

Kekurangan baterai Li-ion

  • Bentuk Lebih besar dan tebal untuk kapasitas besar
  • tidak kuat terhadap suhu panas tinggi, akan menyebabkan baterai terbakar atau meledak
  • ketika siklus pengisian semakin sedikit, maka daya tahan nya juga akan menurun.
  • umur baterai relatif pendek, biasa nya hanya mampu bertahan 1-2 tahun dari pemakaian pertama dan akhir nya drop atau rusak.

Li-po (Lithium polymer)

Baterai jenis Li-po merupakan generasi baterai terbaru dari li-ion, Baterai jenis Li-po biasanya dapat di temukan pada smartphone yang memiliki body tipis karena jenis baterai ini mudah di bentuk dan bobot nya ringan.

biasa nya gadget yang memakai baterai jenis li-po tidak akan bisa di lepas atau non removable. jadi bagaimana bila baterai rusak ? apa bisa di ganti? sebenar nya bisa, namun membutuhkan alat dan teknisi khusus.

baterai jenis ini bersifat liquid (cair) dan mampu menghantarkan daya lebih cepat maka tak heran bila baterai jenis ini proses pengisian nya lebih cepat dari pada baterai li-ion.

Komposisi dan Konstruksi Li-po (Lithium polymer)

Baterai lithium-polymer muncul lebih akhir dibandingkan lithium-ion. Lithium-polymer pada dasarnya memiliki komponen yang sama dengan baterai lithium-ion. Perbedaan utama terletak pada bahan pemisah atau bagian dimana ion bergerak di antara elektroda.

Dalam kasus baterai lithium-polymer, pemisah terbuat dari polimer mikro-pori yang dilapisi gel elektrolit. Dalam hal ini, separator juga bertindak sebagai katalis dalam proses kimia secara keseluruhan. Sama seperti baterai lithium-ion, baterai jenis ini juga memerlukan perlindungan sirkuit untuk memastikan tegangan berada dalam batas aman.

Baca Juga :  Step by Step Activating Windows Server 2012 R2 Standard / Data Center Evaluation To Full

Namun, tidak seperti lithium ion, lithium-polymer tidak memerlukan bungkus (casing) logam.

Kelebihan Baterai li-po

  • Bobot ringan
  • bentuk tipis dan fleksibel sehingga dapat di bentuk sesuai kebutuhan gadget
  • Lebih tahan lama dari pada li-ion karena tingkat self discharge sangat rendah
  • Lebih aman karena resiko kebocoran elektrolit sangat rendah

Kekurangan Baterai li-po

  • Harga mahal
  • Sulit di dapat di pasaran
  • daya tampung energi rendah
  • Perawatan sulit, karena kebanyakan baterai jenis ini tidak bisa di lepas sehingga membutuhkan alat atau teknisi khusus untuk membuka nya.

Berikut ini ada beberapa video mengenai baterai Baterai Li-Ion dan Li-Polymer

How dangerous are LiPo batteries? || Overcharge, Overdischarge, Short Circuit

Li-Ion battery short circuit,overcharge,undervoltage EXPERIMENT

Battery Type Comparison || Lead Acid VS NiMH VS Li-Ion VS LiPo

Itu lah teman-teman Perbedaan Antara Baterai Li-Ion dan Li-Polymer. Jika ada yang kurang sesuai atau tambahan silahkan tambah kan di komentar ya

Semoga bermanfaat

Ref :
http://www.berbagiteknologi.com/192/perbedaan-baterai-li-ion-dan-li-polymer/

https://jalantikus.com/tips/baterai-li-ion-vs-li-po/

Gravatar Image

http://bakhtiyar.bsierad.com/

Leave a Reply