Perbedaan antara IMAP dan POP3 pada email pada outlook

Posted on

Bsierad.com – Hampir seharian admin di bikin pusing dengan yang namanya email server yang penuh. Salah satu solusi mengatasi email server yang penuh adalah dengan menggunakan aplikasi email client salah satunya adalah ms. outlook. Dengan ms. outlook kita dapat men-download seluruh email yang ada di mail server ke komputer kita. Kasus yang membuat saya pusing seperti berikut

Hari ini saya menemukan kasus yang baru saja saya jumpai ketika setting email client dengan ms. outlook 2010 dan ms.outlook 2013, tidak bisa menghapus email yang ada di mail server setelah men-download email. Kesana-kemari saya mencari tutorial “auto delete after download email using outlook 2010” “auto delete after download email using outlook 2013” yang hasilnya dalam tutorial, hanya dengan menghilangkan centang pada “Leave a copy of messages on the server“. Setelah hampir 10 artikel mengatakan cara sama “Leave a copy of messages on the server” ternyata settingan tersebut tidak ada pada email client saya. Saya semakin penasaran apa kesalahan yang saya buat :D.

Setelah hampir beberapa jam pusing akhirnya ketemu juga yang menyebabkan email tidak bisa “auto delete after download email using outlook“. Penyebabnya adalah settingan jenis protokol email  pada email clinet yang di gunakan  menggunakan POP3 atau IMAP. Setelah saya ubah setting protokol email nya akhirnya permasalahan mail server penuh dan pusing saya hilang.

Nah masalah POP3 dan IMAP apasih itu? apa keuntungan dan kekurangan menggunakan POP3 dan IMAP? mari simak perbedaan POP3 dan IMAP

Seringkali kita dengar istilah POP3, IMAP dan SMTP di dunia email. Supaya teman-teman tahu pengertian dan perbedaannya, mari simak pembahasan kami berikut ini :

Baca Juga :  Mengatasi visual editor wordpress tidak tampil (visual editor wordpress not showing up)

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server. Protokol POP3  ditujukan agar ada yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerimanya di komputernya.

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol stteman-temanr untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, maupun menghapus pesan email yang ada. Jelas ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. Dengan IMAP terjadi komunikasi dua arah, sehingga terjadi sinkronisasi data. Berbeda dengan POP yang hanya satu arah, yaitu download saja dari email server ke komputer.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol email yang umum digunakan untuk pengiriman email di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim ke server email penerima.

Email Client adalah software/aplikasi yang digunakan untuk membuka maupun mengirim email, baik di PC maupun gadget, seperti : mozilla thunderbird, microsoft outlook dll.

Baca Juga :  The Official UK Top 40 Singles Chart - 10th September 2015

Sedikitnya ada 6 perbedaan yang mencolok antara POP3 dan IMAP.

POP3

  1. Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti : teman-teman harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer yang berbeda.
  2. Email yang sudah didownload ke komputer akan terhapus dari server tergantung dari setting Email client. Jika hal ini terjadi, maka saat teman-teman menggunakan komputer lainnya, teman-teman tidak bisa lagi membaca semua email teman-teman secara penuh.
  3. Semua email dan file attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari email client.
  4. Outgoing Email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer (email client).
  5. teman-teman hanya bisa mengatur email di komputer lokal saja. Saat teman-teman menghapus sebuah email, maka hanya email di komputer teman-teman saja yang terhapus, sedangkan di email server tetap ada dan harus teman-teman hapus secara manual.
  6. Butuh waktu yang lama untuk reload email dari email server ke komputer teman-teman.

IMAP

  1. Email masih tersimpan di server email sehingga tidak perlu mendownload semua email dari awal jika diakses menggunakan komputer lain. Perubahan yang dilakukan di komputer  satu akan berdampak pada email server dan komputer yang lain tentunya
  2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.
  3. Pesan yang didownload hanya pesan yang teman-teman akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.
  4. Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer manapun yang menggunakan IMAP.
  5. teman-teman bisa mengatur email server dari komputer secara real time. Saat teman-teman mengapus email di komputer remote, maka teman-teman juga telah menghapusnya dari Email server. Sinkronisasi antara server email dan komputer  akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.
  6. Waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat teman-teman melakukan aktivitas di komputer remote teman-teman.
Baca Juga :  GPS Tracking adalah

perbedaan-imap-dan-pop3-1 perbedaan-imap-dan-pop3-2

perbedaan-imap-dan-pop3-2-skema

Dari perbedaan diatas dapat teman-teman lihat bahwa IMAP jauh lebih baik dari pada POP3 dalam melakukan sinkronisi folder dan rule terhadap email server (webmail). Untuk teman-teman yang menggunakan HP atau smartphone, jelas lebih cocok jika memilih IMAP. Namun semua itu tergantung kebutuhan teman-teman untuk menggunakan protokol email.

IMAP dan POP3 tersedia secara gratis di email seperti gmail.com dan juga email hosting yang menggunakan cPanel.

Selesai sudah kisah permasalahan saya dengan OUTLOOK hari ini . semoga kisah ini dapat menambah wawasan teman-teman dalam duna per-emailan.

Gravatar Image

http://bakhtiyar.bsierad.com/

6 thoughts on “Perbedaan antara IMAP dan POP3 pada email pada outlook

  1. Untuk email dengan storage yang besar lebih baik menggunakan yang mana min, POP3 atau IMAP??
    Karena akun emailnya sudah ditambah kapasitasnya 100 Giga dan sudah terpakai sekitar 70%. Dengan puluhan ribu emai yang masuk seperti itu harusya pakai POP3 atau IMAP min?
    Saya sering bermasalah ketika mulai awal menjalankan outlook 2010 selalu verifyng data intergrity hampir 1 jam

    1. kalau melilhat kondisi seperti itu. lebih baik menggunakan IMAP, karena agar di komputer local tidak terlu terbebani dengan membaca email sebegitu besar. kalau tidak salah pada outlook ada batasan berapalama email yang di sync kan sehingga email yang jadul jadul yang tidak diperlukan tidak ter load di email client. namun disini server email pastinya harus kuat juga ya. tapi semua tergantung kebutuhan mas menyesuaikan keperluan.

Leave a Reply