Perbedaan Pajak CV dan PT Sudah Tahu Belum?

2 min read

Perbedaan Pajak CV dan PT
5/5 - (2 votes)

CV adalah badan usaha yang terbentuk dari persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan berwirausaha dengan tingkat keterlibatan yang berbeda antar sekutu tersebut.

Sekutu yang dimaksud adalah sekutu aktif dan pasif. Apa bedanya? Sekutu aktif bertanggungjawab penuh atas perusahaan serta melibatkan harta pribadi dalam pendirian usahanya, sedangkan sekutu pasif hanya bertanggungjawab sebatas modal yang ditanamkannya.

Objek pajak bagi CV adalah dapat berupa laba usaha. Sebagaimana diketahui bahwa CV tidak berbadan hukum. Sehingga kekayaan atau aset usaha akan termasuk di dalamnya harta pribadi pendirinya.

Oleh karena itu, pendiri CV baik sekutu aktif maupun pasif mendapatkan penghasilan atas usaha yang dijalankan, maka disebut dengan prive atau laba.

PT atau Perseroan Terbatas adalah perusahaan berbadan hukum yang terbentuk dari persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya berbentuk saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan pelaksanaan dan Perseroan Terbatas mempunyai kekayaan sendiri terpisah dari kekayaan pribadi para pemegang saham.

Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. Besarnya pajak dividen adalah sebesar 15% dari penghasilan bruto.

Syarat Menjadi PKP Perusahaan CV maupun PT

Agar dikukuhkan menjadi PKP, maka seorang pengusaha, baik itu wajib pajak pribadi ataupun wajib pajak badan harus memenuhi syarat subjektif dan objektif sebagai syarat menjadi PKP.

Adapun poin-poin dalam syarat subjektif dan objektif adalah sebagai berikut:

1. Syarat objektif

Mengisi formulir pengajuan PKP (formulir di-cap jika permohonan adalah badan usaha)

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur atau Pemilik Usaha
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Direktur atau Pemilik Usaha
  • Fotokopi NPWP perusahaan
  • Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Fotokopi akta perusahaan
  • Surat kuasa bermaterai (jika pengurusan selain direktur atau pimpinan)

2. Syarat subjektif

Syarat subjektif dalam peraturan perpajakan merinci mengenai gambaran kegiatan usaha, yakni sebagai berikut:

  • Laporan keuangan bulan terakhir (neraca atau laporan laba rugi)
  • Daftar aset perusahaan secara terperinci
  • Foto tempat kegiatan usaha
  • Denah lokasi kegiatan usaha

Setelah PT maupun CV mendaftarkan baru PKP berhak mendapatkan PP 23 tahun 2018 yaitu untuk CV mendapatkan PP 23 tahun 2018 sampai 4 tahun, lalu untuk PT mendapatkan PP 23 tahun 2018 sampai 3 tahun, dan itu tergantung PT yang didirikannya apakah menggunakan PP 23 tahun 2018 atau menggunakan pasal 17 PPh 25.

Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak KPP terdaftar, dan untuk kewajiban perpajakan PT maupun CV bisa dilihat dilaman DJP Online setelah masuk menggunakan NPWP dan Password sendiri maka bisa dilihat di profil PKP dan disitu ada kewajiban perpajakan tersendiri PT maupun CV

Jadi kesimpulan diatas lebih baik kita menggunakan pajak CV karena pembagian laba tidak dikenakan atas PPh Ps 4 Ayat 2 hanya dalam pembagian laba dan perpajakan lebih mudah, berbeda dengan Pajak PT yang dalam satu tahun ada pembagian saham yang berupa deviden dan dikenakan Ps 4 ayat 2 dalam tiap tahun lalu belum pajak lainnya seperti PPN, PPh 23, PPh 21, PPh 25.

Jika omset PT maupun CV dalam setahun diatas 4,8M maka ditahun berikutnya PT maupun CV tidak berhak mendapatkan PP 23 tahun 2018 meski Batasan masing-masing PT dan CV masih ada.

Nah, itulah sedikit pembahasan terkait perbedaan pajak CV dan PT. Sekarang saatnya Anda tahu jasa konsultan pajak terbaik dan terpercaya di Surabaya.

Butuh Layanan Konsultan Pajak Terbaik di Surabaya?

Ada ratusan konsultan pajak di Surabaya. Namun, Anda harus tahu mana yang bisa diandalkan di bidang perpajakan. Anda sudah berkunjung di laman blog yang tepat karena pada postingan ini admin akan merekomendasikan Konsultan Pajak Surabaya terbaik yang sudah terbukti dipercaya ratusan perusahaan di Indonesia.

Trust Tax Consultant merupakan layanan konsultan pajak yang sudah berpengalaman lebih dari 9 tahun di bidang perpajakan.

Jadi, beragam masalah perpajakan Anda bisa diatasi dengan mudah dan tepat sasaran ketika menggunakan layanan pajak dari Trust Tax Consultant.

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan layanan konsultan Pajak dari Trust Tax Consultant.

Manfaat Menggunakan Layanan Konsultan Pajak

1. Lebih cepat dan efektif

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, maka segala peritungan dan penginputan data pembayaran pajak sudah diurus dnegan baik. Sehingga menjadikan lebih cepat dan tepat.

Hal ini juga akan mengurangi resiko wajib pajak karena tak perlu susah-susah ngurusi perpajakan. Anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak terbaik yang sudah dipercaya ratusan perusahaan di Indonesia.

2. Tidak usah ribet

Wajib pajak tak perlu bingung-bingung memikirkan administratif pajak karena sudah ditangani oleh pakarnya. Trust tax consultan sudah bisa dibilang ahlinya ahli di bidang perpajakan.

Jadi, serahkan saja semuanya. Anda tinggal fokus di perusahaan.

3. Bisa menentukan perencanaan pajak dengan mudah

Seperti yang talah diketahui, menentukan perencanaan pajak bukanlah perkara yang mudah jika dilakukan sendiri. Apalagi bagi pengusaha kena pajak yang lebih kompleks.

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak maka semua perencanaan pajak bisa diatur dengan mudah hanya dengan sekali bayar di kemudian hari.

Sebenarnya masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan konsultan pajak Surabaya dari Trust Tax Consultant.

Namun, untuk meminimalisr panjangnya artikel ini admin harus segera mengahirinya. Cukuplah. Untuk Anda yang ingin menghubungi Trust Tax Consultant, caranya cukup mudah. Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp berikut : 087852517690. Atau bisa berkunjung di trusttaxconsultant.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *