Admin Bsierad Selamat datang di halaman admin Bsierad.com

8 Cara Mengatasi WC Mampet Mudah

3 min read

mengatasi wc mampet
5/5 - (1 vote)

Cara Mengatasi WC Mampet- salah satu kategori rumah yang nyaman dan indah bisa dilihat dari kebersihan kamar mandi serta WC. Pasalnya, banyak masyarakat menganggap bahwa rumah nyaman dan sehat ialah tergantung penghuni rumah yang memperhatikan kamar mandi, WC serta pembuangan terakhir.

Jika tak sempat merawat WC, anda bisa menggunakan jasa sedot WC Jombang, sebab sedot WC tak hanya melayani saat WC sedang rusak saja.

Perawatan WC harus dilakukan secara rutin, agar tak sampai mengalami kerusakan seperti mampet, tersumbat sebab sampah atau tanki saptic tank penuh.

WC yang tidak terawat kebersihannya pasti akan menimbulkan bau yang tak sedap. Hal itu akan sangat mengganggu indera penciuman dan membuat tak nyaman saat memaikainya.

Masalah seperti ini sering dialami, meskipun sudah disiram berkali-kali baunya pun masih membandel. Parahnya lagi semakin meluap mengudara karena terdorong siraman air.

Untuk anda! Yang saat ini mencari Jasa Sedot WC Jombang dan sekitarnya, anda bisa memanggil CV. MAJU JAYA yang sudah dipercaya banyak pelanggan untuk menangani perawatan dan kerusakan WC anda.

Baca juga: Layanan sedot wc Kediri profesional yang memberikan harga murah dan layanan terdekat untuk Anda warga Kediri Jawa Timur.

Tiap sedot WC mempunyai cara berbeda dalam menangani WC bermasalah, berikut ini caranya.

Cara Mengatasi Masalah WC Anda

1. Persiapkan Alat-Alat

Maju jaya sangat memperhatikan keselamatan pekerjanya dan menyediakan peralatan yang memadai untuk menangani WC bermasalah.

Jadi, sebelum mulai membersihkan toilet pekerja selalu menggunakan APD seperti amasker hidung dan mulut, kacamata pelindung, sarung karet yang menutupi sampai siku, koran atau tisu. Dan alat sedot toilet dengan bentuk seperti mangkuk pada ujung tongkatnya.

Langkah ini bisa anda modifikasi sendiri sesuai kenyamanan anda, dan tergantung kualifikasi keamanan anda.

2. Stop Siram Air, Agar Tidak Meluap

Menyiram toilet berlebih menyebabkan genangan air yang menggangu proses pengerjaan. Langkah tepat selanjutnya bukalah tanki toilet kemudian tutup katup flappernya, agar air dalam toilet tidak semakin banyak.

Cara menutup katup flipper pun sangat mudah, dengan memasukkan tangan kedalamnya. Katup flipper ini seperti penutup saluran air yang terhubung pada rantai.

3. Persiapkan Koran Atau Tissu

Sebelum melangkah selanjutnya, sangat disarankan membuat toilet kering dulu. Dengan menyalakan kipas/ blower dan membuka ventilasi kamar mandi, agar sirkulasi udara tetap terjaga dan mengurangi udara kotor, serta bau tak sedap.

Selanjutnya, letakkanlah koran, lap atau tissu tepat dilantai toilet untuk menyerap air, benda penyumbat toilet, atau mungkin kotoran.

hal diatas bertujuan, agar mempermudah saat pembersihan kamar mandi saat selesai.

4. Analisa Penyebab Tersumbat

Langkah cepat pengerjaan dengan mengetahui penyebab utama yang menjadikan toilet mampet, hal ini biasa disebabkan mungkin sampah bungkus sabun, plastik, pembalut, atau gumpalan sabun bekas dan mungkin benda lainya. Atau memang saluran toilet sudah tidak layak.

Ada berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan memasukkan tangan, tapi jika bisa menggapainya. Anda bisa mendorongnya dengan bahan yang berbentuk runcing.

Bisa juga dengan menggunakan mesin vacum, atau bahkan jika ada mesin spiral yang kinerjanya menembak benda penyumbat.

Jika dirumah mempunyai gantungan baju kawat, anda bisa menggunakannya sebagai alat pembersih sumbatan WC.
Caranya cukup mudah, namun ini hanya bisa anda coba jika benda asing yang menyumbat tidak terlalu dalam dari lubang WC.

Potong kawat gantungan menggunakan gergaji besi kemudian luruskan atau bengkokkan seperti jarum umpan pancing dan lilit bagian ujung kawat yang tajam dengan kain dan selotip agar saluran WC tidak rusak atau tergores.

Masukkan ujung kawat yang sudah terliliti kedalam WC, lalu dorong atau tarik hingga terkena benda yang menyumbat aliran WC. Terakhir siram WC untuk memastikan masih menyumbat atau tidak.

5. Musnahkan Saluran Mampet

Setelah menemukan penyebab mampet, kemudian siapkan alat sedot WC. Lalu masukkan alat sedot WC dan pastikan semua lubang saluran toilet tertutup agar penyedotan berjalan dengan maksimal.

Cara ampuh sebelum melakukan penyedotan dengan menuangkan air panas kedalam wadah, kemudian taruh alat penyedot diatasnya.

Cara ini agar melunakkan karet yang berguna untuk menutup dengan rapat saluran toilet. Air panas juga membantu meluruhkan gumpalan benda asing atau kotoran yang mengganggu saluran pembuangan toilet.

Namun jangan terlalu banyak, sebab air panas yang berlebih akan merusak saluran pembuangan.

Selanjutnya, lakukan dorongan dan menekan air dengan alat sedot WC, ingat! Bukan menggunakan udara. Aliri air biasa jika diperlukan supaya menambah volume air di dalam mangkuk toilet.

Cara lain yang bisa anda lakukan sendiri dengan menggunakan baking soda dan cuka. Anda bisa gunakan bahan dapur ini untuk mengatasi WC mampet.

Langkah pertama tuangkan 1 cangkir baking soda kedalam WC, kemudian diamkan hingga mengendap dulu. Lalu disusul dengan menuangkan 2 cangkir soda cuka pada air WC tunggu hingga 1 jam kemudian siram pakai air panas atau flush WC anda.

Meskipun sudah mengetahui cara mengatasi WC mampet, lebih baik mencegahnya agar tidak terulang yang akan menyusahkan dikemudian hari.

jangan sesekali membuang tissu kedalam kloset, sebab tissu tidak bisa terurai dan menghambat dorongan flush.
Sesering mungkin gunakan plunger untuk melakukan penyedotan berkala, agar kotoran kecil yang mengendap di saluran WC tidak menumpuk.

WC mampu mengalirkan air bersih, susu dan sejenisnya, namun tidak dengan minyak sebab minyak akan menempel pada dinding kloset dan menangkap kotoran-kotoran kecil sampai terjadi gumpalan yang menjadikan WC mampet.

6. Mengangkat Kotoran Pengganggu

Sumbatan harus benar-benar musnah, agar sisa sumbatan tidak menyebabkan terulang kembali.

Saat proses pemusnahan hal yang harus diperhatikan ialah kondisi septic tank penuh atau tidak sebab hal ini juga menjadikan saluran mampet.

Kontoran septic tank yang penuh akan menghambat saluran pembuangan. Fungsi dari sedot septic tank disini ialah akan menghancurkan benda atau kotoran-kotoran penyumbat itu hancur, akhirnya saluran pembuangan akan lancar.

7. Mengambil Tanpa Membongkar

Mengambil kotoran dengan cara membongkar dampaknya sangat banyak, diantaranya mengotori lingkungan sekitar dan memakan banyak biaya.

Seorang ahli sedot WC sudah terbiasa mengambil kotoran penghambat saluran tanpa membongkar, langkah pertama yang dilakukan, menganalisa penyebab mampet.

Jika disebabkan oleh kotoran organik bukan benda padat, maka bisa teratasi dengan cairan enzimatis atau cairan kimia.

Cairan ini termasuk zat berbahaya yang mengandung racun serta dapat merusak saluran WC, sangat disarankan cara ini sebagai solusi terakhir.

8. Memanggil Jasa Sedot WC

Jika cara-cara diatas sudah anda praktekan semua, namun masalah WC mampet masih saja belum juga teratasi dengan sendiri.

Segeralah memanggil jasa sedot WC, karena mungkin penyumbatan WC anda sudah parah dan harus ditangani oleh ahlinya.

Pasalnya banyak sebab yang mengakibatkan saluran WC mampet, cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Dengan menggunakan jasa sedot WC akan segera mengatasi masalah WC anda, selain itu sedot WC menyediakan beberapa layanan seperti perawatan WC, perbaikan septic tank, pengurasan tinja, pembuatan sumur resapan dan layanan lainnya yang berguna pada kesehatan toilet anda.

Admin Bsierad Selamat datang di halaman admin Bsierad.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.