Admin Bsierad Selamat datang di halaman admin Bsierad.com

Fungsi Penangkal Petir yang Harus Anda Tahu!

2 min read

fungsi penangkal petir
5/5 - (2 votes)

Mungkin Anda sering melihat penangkal petir yang dipasangkan pada sebuah bangunan. Namun apa sebenarnya fungsi penangkal petir? Mari kita bahas selengkapnya disini!

Petir terjadi ketika muatan positif dan negatif yang ada di awan menumpuk sedemikian rupa sehingga percikan terjadi di antara keduanya, percikan itu adalah kilat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih luas, baik untuk sebuah bangunan, bahkan kematian.

Perlu Anda ketahui jika petir akan lebih mengancam jika bangunannya lebih tinggi. Petir meningkatkan panas dalam bahan ke suhu tinggi yang menyebabkan kebakaran di gedung. Oleh karena itu, adapun saat ini perangkat yang berguna sebagai pencegah kerusakan petir. Perangkat ini seringkali disebut dengan Penangkal Petir.

Konsep Dasar Penangkal Petir

Penangkal petir juga bisa disebut konduktor petir, finial, terminal udara, atau perangkat pemutusan sambaran. Perangkat ini tersedia dalam berbagai jenis seperti tipe berongga, padat, atau runcing.

Ciri utama penangkal petir adalah bahan yang digunakan untuk membuat konduktor yang terbuat dari bahan konduktif seperti tembaga dan aluminium.

Pada umumnya, tembaga digunakan saat membuat perangkat proteksi petir. Keuntungan inti dari penangkal petir adalah membuat udara di sekitarnya menjadi konduktor dan berkontribusi pada pelepasan awan. Berkontribusi tanpa menghasilkan petir dan meminimalkan risiko (kemungkinan sambaran petir). Banyak perangkat membutuhkan perlindungan dari kerusakan eksternal seperti potensi langkah, potensi sentuhan, dll.

Awan bermuatan tinggi diisi dengan elektron terionisasi berdensitas tinggi di lapisan luar, yang menginduksi muatan berlawanan di sekitar konduktor petir dan hampir sama dengan potensi yang ada di awan.

Penangkal petir ditempatkan di sudut paling atas, di mana penangkal petir dipasang pada dasar pemasangan dan dihubungkan ke batang pembumian atau batang pentanahan melalui kabel tembaga. Petir yang diserap oleh penangkal petir dialihkan melalui jalur ini dengan menghindari kerusakan pada benda yang dilewatinya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebuah perangkat batang logam ditempatkan di atas sebuah bangunan untuk melindunginya dari sambaran petir atau yang dikenal sebagai penangkal petir. Konduktor ini tersambar petir terlebih dahulu tanpa mengenai bangunan secara langsung, mencegah kebakaran atau sengatan listrik.

Penangkal petir menyediakan jalur yang tidak berbahaya dan mudah bagi energi petir untuk masuk ke tanah tanpa merusak struktur bangunan. “Jalur” atau sistem pembumian dipasang dari atas ke bawah bangunan.

Oleh karena itu arus dari sambaran petir dialihkan melalui batang dan menghindari mengalir melalui gedung.

Penangkal petir bekerja berdasarkan prinsip induksi. Ketika awan yang terisi penuh melewati gedung, konduktor mendapat muatan yang berlawanan melalui induksi dan muatan yang diperoleh ini bergerak ke bumi melalui sistem pembumian.

Fungsi Penangkal Petir pada Bangunan

Setelah Anda mengetahui konsep dasar dan cara kerja penangkal petir, apa sebenarnya fungsi penangkal petir bagi sebuah bangunan?

Fungsi penangkal petir yang utama adalah sebagai media penghantar atau perantara arus listrik yang berasal dari sambaran petir untuk diteruskan ke dalam tanah.

Selain itu, penangkal petir ini juga dapat meredam dampak buruk dari sambaran petir yang membayakan manusia ataupun lingkungan.

Rekomendasi Instalasi Penangkal Petir di Bandung

Untuk Anda yang ingin memasang penangkal petir di bangunan, Anda bisa menghubungi spesialis penangkal petir Graha Anugerah Sentosa.

Graha Anugerah Sentosa adalah spesialis penangkal petir Bandung yang akan membantu Anda untuk memasang atau instalasi penangkal petir di bangunan Anda.

Ada banyak jenis perangkat penangkal petir yang bisa Anda pilih, hal ini tentu sesuai dengan minat dan biayanya. Jika Anda tertarik untuk instalasi, kunjungi website resminyna di grahaanugerahsentosa.com.

Kesimpulan

Tujuan utama pemasangan penangkal petir adalah untuk menyediakan jalur resistansi rendah ke petir dan memungkinkannya melewati tanah tanpa memengaruhi struktur fisik.

Perlindungan dari petir sangat penting untuk melindungi manusia, saluran transmisi dan peralatan listrik dengan mengendalikan berbagai jenis risiko dari bahaya termal, mekanik dan listrik dari arus kilat petir.

Petir memang tidak bisa diprediksi menyambar apa atau siapa, tetapi petir selalu mencari tempat untuk mengalir melalui konduktor terbaik dan mengalir melaluinya di mana medianya bisa berupa pohon atau bangunan. Ketika awan yang terisi penuh melewati penghantar petir, muatan listrik akan mengalir ke bawah sampai awan benar-benar habis. Jadi, karena inilah pentingnya pemasangan penangkal petir untuk sebuah bangunan, apalagi bangunan yang tinggi.

Admin Bsierad Selamat datang di halaman admin Bsierad.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.