Admin Bsierad Saya manusia dari bumi ronggolawe

Perbedaan antara Tread dan Core pada Processor

1 min read

Rate this post

Bsierad.com – Dalam dunia hardware komputer tak lepas dengan yang namanya “Processor”. Ya, Processor atau  disebut dengan CPU “Central Processing Unit” merupakan bagian inti dari sebuah komputer. Karena Processor seperti Otak dari komputer. Secara fungsional sudah jelas Processor sebagai tempat untuk melakukan semua proses komputasi.

Pada processor terdapat yang namanya CORE dan Tread. Apa sih Perbedaan antara Tread dan Core? yuk mari simak lebih jelas apa itu Perbedaan antara Tread dan Core

  • Tread pada processor adalah sekumpulan instruksi atau proses yang dieksekusi secara independen
  • Multithreading pada processor adalah suatu kemampuan yang memungkinkan beberapa kumpulan instruksi (proses) dijalankan secara bersamaan (time slicing) dalam sebuah program. Multithreading bermanfaat untuk membuat proses yang interaktif, misalnya pada program permainan (game). Program tetap dapat menggerakkan beberapa objek sambil memberi kesempatan pengguna melakukan respon melalui mouse atau keyboard.
  • Core pada Processor adalah sebuah unit processing yang membaca semua intruksi untuk melakukan tindakan tertentu. Instruksi ditampung ketika dijalankan secara real time. Sederhananya, semua yang teman-teman lakukan pada komputer harus diproses oleh processor. Setiap kali  membuka aplikasi, folder, mengetik, semua itu membutuhkan processor. Sedangkan ketika komputer menampilkan gambar, window dan game, itu adalah tugas graphic card, yang berisi ratusan processor bekerja dengan cepat secara bersamaan. Sampai pada batas tertentu mereka baru membutuhkan processor komputer teman-teman.
  • Setiap ‘core’ pada  processor atau CPU memiliki sebuah cpu (central processing unit) dan merupakan bagian dari sebuah CPU yang bekerja. Misalnya, sebuah chip dual-core mungkin terlihat seperti chip single-core, namun sebenarnya memiliki 2 buah CPU (perangkat pengolah) di dalamnya.
  • Dengan CPU tambahan, komputer akan lebih responsif ketika melakukan multi-tasking, seperti browsing sambil extract file. Pada chip single-core kedua proses ini dijalankan bersamaan oleh CPU yang sama, sedangkan pada chip dual-core, proses ini dibagi untuk masing-masing CPU, sehingga proses berjalan lebih cepat .

Agar lebih jelas mengenai Perbedaan antara Tread dan Core simak video ilustrasi berikut

 

 

Admin Bsierad Saya manusia dari bumi ronggolawe

Cara Mengganti Warna Address Bar pada moblie browser…

Rate this post Bsierad.com
Admin Bsierad
0 sec read

Cara Mengatasi permasalahan pada jaringan

Rate this post Persiapan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan jaringan, kita harus sudah menguasai beberapa hal, mulai dari memahami layanan layanan yang berhubungan dengan jaringan...
Admin Bsierad
2 min read

test

Rate this post
Admin Bsierad
0 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.